Pengertian ENIAC dan Sejarahnya - Komputer Generasi Pertama



Pengertian ENIAC dan Sejarahnya - Komputer Generasi Pertama


Apa Itu ENIAC ? . ENIAC ( Electronic Numerical Integrator And Computer ) adalah Komputer elektronik pertama yang digunakan untuk tujuan umum serta di desain agar mampu diprogram ulang dengan cara menyusun ulang kabelnya agar dapat memecahkan masalah-masalah perhitungan. Tugas pertama yang dilakukan oleh ENIAC adalah melakukan perhitungan untuk pembuatan bom hidrogen.

Sebelum ENIAC muncul, ENIAC  didahului oleh Z3 karya Konrad Zuse, yang dapat diprogram dengan kaset secara penuh namun masih mekanikal dan komputer Colossus buatan Inggris yang elektronik dengan sepenuhnya dengan menggunakan system turing. akan tetapi Z3 dan Colossus tidak digunakan untuk tujuan umum melainkan untuk kepentingan perang pada perang dunia ke-2 itu sendiri.

ENIAC ditemukan oleh J. Presper Eckert dan John Mauchly di University of Pennsylvania untuk menghitung meja tembak artileri di Laboratorium Penelitian Balistik Angkatan Bersenjata Amerika Serikat.

Periode Eniac berlangsung dari  17 Mei 1943 sebagai Proyek PX dan dibangun di Moore School of Electrical Engineering sejak pertengahan 1944, dan dioperasikan secara resmi sejak Februari 1946 kemudian dimatikan pada 9 November 1946. Meskipun tidak selesai sampai akhir Perang Dunia II, ENIAC diciptakan untuk membantu upaya perang melawan pasukan Jerman.

Kemudian pada tahun 1953 , Burroughs Corporation membangun memori magnetik-inti 100-kata, yang ditambahkan ke ENIAC untuk menyempurnakannya dengan kemampuan memori . Pada tahun 1956 , diakhir operasinya, ENIAC memakan tempat sekitar 1.800 kaki persegi dan terdiri dari hampir 20.000 tabung hampa udara , 1.500 relay , 10.000 kapasitor , dan 70.000 resistor . Itu juga menggunakan 200 kilowatt listrik, berat lebih dari 30 ton, dan biaya sekitar $ 487.000.

ENIAC diperlihatkan kepada umum pada 14 Februari 1946 di Universitas Pennsylvania dan kemudian dipindahkan ke Aberdeen Proving Grounds, Maryland pada 1947. Pada 29 Juli tahun yang sama, ENIAC dinyalakan dan akan terus beroperasi hingga pukul 23:45 pada 2 Oktober 1955.

Dan pada sejarahnya, siapa sangka ENIAC sebagai komputer pertama ternyata di bangun oleh 6 wanita yang bertugas untuk  memprogram ENIAC dengan memanipulasi ribuan kabel dan saklarnya. Enam wanita tersebut adalah :




1. Fran Bilas



Wanita pertama dibalik ENIAC adalah Frans Bilas yang berasal dari Philadelphia. Wanita yang telah meninggal dunia di usia 90 tahun pada tanggal 18 Juli 2012 ini kuliah di Temple University jurusan matematika dan fisika. Meski pernah pindah ke Chestnut Hill College setelah mendapatkan beasiswa di sana, wanita yang sering disapa Frances Spence ini sangat berjasa dalam proyek ENIAC.



2. Betty Jennings



Perempuan yang satu ini adalah programer yang pertama kali terpilih dalam proyek ENIAC. Sebelum bekerja di proyek ENIAC, Betty bekerja di University of Pennsylvania untuk bekerja di Aberdeen Proving Ground. Selama bekerja di sana, wanita sarjana jurusan matematika ini menemui suaminya yang merupakan insinyur yang bekerja untuk proyek Pentagon.



3. Ruth Lichterman



Jika Fran Bilas adalah lulusan Temple University, maka Ruth adalah wanita lulusan Hunter College jurusan matematika. Ia pernah melatih kelompok pemrogram generasi berikutnya selama lebih dari dua tahun. Ruth kemudian meninggal di Dallas, Texas pada tahun 1986





4. Kay McNulty



Meski hampir semua programer di ENIAC adalah lulusan matematika, namun Kay McNulty merupakan sosok yang paling menggilai matematika. Bagaimana tidak, selama tahun ketiga kuliah di Chestnut Hill College, Kay selalu mengambil mata kuliah yang sangat diperlukan dalam dunia pmrograman tersebut.. Namun sayang, ia harus berjuang keras melawan penyakit Parkinson yang menyerang dirinya. Ia meninggal di Wyndmoor, Pennyslvania, pada usia 85 tahun karena penyakit kanker.



5. Betty Synder



Siapa sangka, wanita dengan latar belakang akademis di bidang jurnalisme ini terpilih sebagai salah satu dari enam wanita yang memprogram ENIAC. Kemudian, pada tahun 1953 ia menjadi pengawas pemprograman lanjutan di Laboratorium Matematika Terapan Angkatan Laut Amerika Serikat di Maryland, di mana dia tinggal sampai 1966.



6. Marlyn Wescoff



Marlyn Wescoff adalah wanita yang mengundurkan diri dari tim pemrogram ENIAC pada tahun 1947. Saat itu ia memutuskan untuk menikah, sebelum ENIAC direlokasi ke Aberdeen Proving Ground.



1 Response to "Pengertian ENIAC dan Sejarahnya - Komputer Generasi Pertama"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan