Apa itu cisco packet tracer : Pengertian, fungsi, dan kegunaan cisco packet tracer

 Pengertian, fungsi, dan kegunaan cisco packet tracer


Pengertian Cisco Packet Tracer
Bagi sebagian orang mungkin masih asing mendengar aplikasi Cisco Packet Tracer itu sendiri. aplikasi ini lebih familiar dengan orang-orang yang bergelut di dunia komputer dan jaringan. Aplikasi ini sering di gunakan dalam pendidikan untuk belajar dan memahami pembangunan jaringan cisco sendiri.
lalu apa sih itu cisco packet tracer ? berikut pengertian , fungsi serta kegunaannya.


Pengertian Cisco Packet tracer


Cisco Packet Tracer adalah software simulasi alat-alat jaringan cisco yang digunakan untuk belajar, meneliti dan membangun jaringan secara virtual di komputer. Software ini di kembangkan dan di rilis oleh Cisco Systems secara gratis untuk semua orang. Tujuan utama Packet Tracer adalah untuk menyediakan alat bagi siswa dan pengajar agar dapat memahami prinsip jaringan komputer dan juga membangun skill di bidang alat-alat jaringan Cisco.

Kegunaan Cisco Packet tracer

Packet Tracer biasanya digunakan siswa Cisco Networking Academy melalui sertifikasi Cisco Certified Network Associate (CCNA). Dikarenakan batasan pada beberapa fiturnya, software ini digunakan hanya sebagai alat bantu belajar, bukan seabagai pengganti Cisco routers dan switches.(wikipedia)

Selain itu, Pada dunia pendidikan kita khususnya sekolah kejuruan dengan kejuruan Teknik Komputer dan Jaringan, Cisco packet tracer juga sering di gunakan para peserta didik untuk membangun dan memahami cara kerja jaringan secara mudah tanpa harus instalasi hardware secara fisik. hal itu sangat membantu para siswa dalam memahami struktur jaringan, khususnya cisco.

Lebih lagi contohnya adalah ketika siswa di suruh untuk membuat jaringan komputer dengan menggunakan perangkat virtual yang ada di cisco packet tracer. seperti membangun topologi, memahami sistem routing, membuat jaringan dengan Vlan dan lain lain.

Fungsi Cisco Packet tracer


Fungsi dari Cisco Packet tracer adalah untuk merancang sebuah sistem atau topologi jaringan secara virtual di komputer tanpa harus melakukan instalasi perangkat jaringan secara nyata. Atau lebih tepatnya di gunakan untuk merancang sistem jaringan sebelum di praktekan di dunia nyata. karna jika tanpa itu, tentunya kita harus membeli perangkat jaringan yang mahal untuk merancang jaringan secara langsung. dengan adanya cisco packet tracer kita tak perlu repot repot seperti itu.

Bayangkan saja, jika tidak ada cisco packet tracer maka kita harus membeli peralatan lengkap perangkat jaringan dan membangunnya secara langsung yang tentu akan lebih menghabiskan banyak tenaga dan waktu.


Jadi seperti itulah pengertian, kegunaan, dan fungsi dari cisco packet tracer. semoga dengan adanya ini akan membuat kita semakin mudah dalam belajar jaringan. terimakasih, postingan ini saya rangkum dari berbagai sumber khususnya wikipedia. semoga bermanfaat

Baca Juga : Tutorial membuat simulasi jaringan 1 router 10 pc

1 Response to "Apa itu cisco packet tracer : Pengertian, fungsi, dan kegunaan cisco packet tracer"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan